Apa itu e-ticketing? E-ticketing
atau tiket elektronik adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses
penjualan dari aktivitas perjalanan pelanggan tanpa harus untuk
mengeluarkan dokumen berharaga secara fisik ataupun paper ticket. Semua informasi mengenai tiket elektronik disimpan secara digital di
dalam sebuah sistem komputer. E-ticketing PT. Kereta Api Indonesia sendiri diadopsi dari teknologi e-ticketing
yang sudah ada di negara lain, seperti Singapura, Hongkong, dan Thailand.
Bagaimana
tata cara melakukan pembelian tiket kereta api melalui e-ticketing?
Pada proses e-ticketing, terdapat beberapa langkah yang dapat
dilakukan guna mempermudah kita dalam melakukan pemesanan tiket secara
online. Langkah-langkah e-ticketing sangatlah praktis. Berikut akan
dijelaskan tata cara pembelian online tiket kereta api melalui internet.
- Pemesanan tiket secara online dilakukan melalui internet yaitu dengan membuka situs resmi PT KAI di www.kereta-api.co.id.
- Kemudian calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang melalui web tersebut.
- Setelah mengisi data diri yang sesuai dengan identitas, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui ATM.
- Pembayaran di minimarket dapat dilakukan melalui Alfamart, Indomaret, atau kantor pos terdekat.
- Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-Commerce BCA, CIMB Clicks, serta kartu kredit Visa / Master Card.
- Setelah pembayaran pembeli akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail. Lalu cetak e-mail tersebut dan tukarkan dengan tiket Kereta Api di stasiun terdekat. Pembelian melalui situs resmi PT. KAI dapat dilakukan untuk keberangkatan H-2 sampai H-90.
Apa keunggulan dari e-ticketing?
Dilansir dari sebuah media,
jelas sekali bahwa e-ticketing
sangatlah menguntungkan. Sebelum e-ticketing
diterapkan, mau tidak mau kita harus rela mengantri panjang lebar demi
mendapatkan tiket kereta api menuju suatu tempat tujuan. Tetapi setelah adanya
e-ticketing, para penumpang kereta api tidak perlu repot-repot lagi untuk
mengantri panjang lebar. Karena e-ticketing
mempermudah pelayanan masyarakat untuk mendapatkan tiket dengan cepat. Dengan kata
lain, e-ticketing memberikan solusi terhadap masalah-masalah penyebab kepadatan
penumpang yang tinggi di stasiun-stasiun untuk mengantri pemesanan tiket kereta
api.
Dari segi biaya, e-ticketing dapat membantu mengurangi
biaya proses pembelian tiket karena kita tidak perlu datang ke tempatnya
langsung. Hanya cukup menggunakan fasilitas komputer dan internet atau pun
telepon. Dan hal tersebut tentu saja akan menghemat waktu serta dapat mengoptimalkan
kenyamanan bagi si penumpang.
Masyarakat yang sibuk dan selalu tidak mempunyai waktu karena aktivitas yang padat, tentunya akan menyambut hangat sistem e-ticketing ini.
Namun, selain keunggulan-keunggulannya, e-ticketing juga mempunyai kelemahan. Apa kelemahan tersebut ? Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, internet memang sangat berperan penting di dalam kehidupan masyarakat. Bahkan untuk sebagian orang, internet pun dapat dijadikan suatu kebutuhan primer yang tidak dapat ditinggalkan. Karena dengan adanya internet, masyarakat sekarang ini akan mengetahui informasi-informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti tentang internet dan bahkan belum bisa mengoperasikan internet. Dengan kata lain, pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pemesanan tiket secara online pun tidak dapat diketahui oleh semua orang. Contohnya saja masyarakat yang tinggal di negara berkembang. Sangat disayangkan masih banyak yang belum bisa memanfaatkan keuntungan dari sistem e-ticketing ini karena pengetahuan tentang internet yang masih kurang.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar