Song Playlist

Minggu, 29 Desember 2013

E-ticketing PT. KAI

Apa itu e-ticketing? E-ticketing atau tiket elektronik adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktivitas perjalanan pelanggan tanpa harus untuk mengeluarkan dokumen berharaga secara fisik ataupun paper ticket. Semua informasi mengenai tiket elektronik disimpan secara digital di dalam sebuah sistem komputer. E-ticketing PT. Kereta Api Indonesia sendiri diadopsi dari teknologi e-ticketing yang sudah ada di negara lain, seperti Singapura, Hongkong, dan Thailand.


Bagaimana tata cara melakukan pembelian tiket kereta api melalui e-ticketing?

Pada proses e-ticketing, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan guna mempermudah kita dalam melakukan pemesanan tiket secara online. Langkah-langkah e-ticketing sangatlah praktis. Berikut akan dijelaskan tata cara pembelian online tiket kereta api melalui internet.

  1. Pemesanan tiket secara online dilakukan melalui internet yaitu dengan membuka situs resmi PT KAI di www.kereta-api.co.id.
  2. Kemudian calon penumpang cukup memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang melalui web tersebut.
  3. Setelah mengisi data diri yang sesuai dengan identitas, calon penumpang akan mendapatkan kode pembayaran yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui ATM.
  4. Pembayaran di minimarket dapat dilakukan melalui Alfamart, Indomaret, atau kantor pos terdekat.
  5. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-Commerce BCA, CIMB Clicks, serta kartu kredit Visa / Master Card.
  6. Setelah pembayaran pembeli akan mendapatkan notifikasi melalui e-mail. Lalu cetak e-mail tersebut  dan tukarkan dengan tiket Kereta Api di stasiun terdekat. Pembelian melalui situs resmi PT. KAI dapat dilakukan untuk keberangkatan H-2 sampai H-90.

 Apa keunggulan dari e-ticketing?

Dilansir dari sebuah media, jelas sekali bahwa e-ticketing sangatlah menguntungkan. Sebelum e-ticketing diterapkan, mau tidak mau kita harus rela mengantri panjang lebar demi mendapatkan tiket kereta api menuju suatu tempat tujuan. Tetapi setelah adanya e-ticketing, para penumpang kereta api tidak perlu repot-repot lagi untuk mengantri panjang lebar. Karena e-ticketing mempermudah pelayanan masyarakat untuk mendapatkan tiket dengan cepat. Dengan kata lain, e-ticketing memberikan solusi terhadap masalah-masalah penyebab kepadatan penumpang yang tinggi di stasiun-stasiun untuk mengantri pemesanan tiket kereta api.


Dari segi biaya, e-ticketing dapat membantu mengurangi biaya proses pembelian tiket karena kita tidak perlu datang ke tempatnya langsung. Hanya cukup menggunakan fasilitas komputer dan internet atau pun telepon. Dan hal tersebut tentu saja akan menghemat waktu serta dapat mengoptimalkan kenyamanan bagi si penumpang.

Masyarakat yang sibuk dan selalu tidak mempunyai waktu karena aktivitas yang padat, tentunya akan menyambut hangat sistem e-ticketing ini.

Namun, selain keunggulan-keunggulannya, e-ticketing juga mempunyai kelemahan. Apa kelemahan tersebut ? Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, internet memang sangat berperan penting di dalam kehidupan masyarakat. Bahkan untuk sebagian orang, internet pun dapat dijadikan suatu kebutuhan primer yang tidak dapat ditinggalkan. Karena dengan adanya internet, masyarakat sekarang ini akan mengetahui informasi-informasi terbaru dari seluruh penjuru dunia. Akan tetapi, tidak semua orang mengerti tentang internet dan bahkan belum bisa mengoperasikan internet. Dengan kata lain, pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan pemesanan tiket secara online pun tidak dapat diketahui oleh semua orang. Contohnya saja masyarakat yang tinggal di negara berkembang. Sangat disayangkan masih banyak yang belum bisa memanfaatkan keuntungan dari sistem e-ticketing ini karena pengetahuan tentang internet yang masih kurang.



Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar