Song Playlist

Selasa, 01 April 2014

About PLURK



Halo kawan semuanya :D :D
Kali ini saya ingin membahas sedikit tentang salah satu jejaring sosial yang ngetop di tahun 2010-an. What’s that? Yeah, that is Plurk. Kalian tau Plurk?
Plurk merupakan gabungan dari jejaring sosial dan mikroblogging gratis yang memperbolehkan para pengguna untuk mengirim update-an (dengan kata lain dikenal dengan plurks) melalui pesan singkat atau link-link. Pesan singkat atau link-link yang di-update di dalam Plurk pun kini dapat memuat sebanyak 210 karakter. Hal itu merupakan peningkatan karena sebelumnya Plurk hanya mampu memuat 140 karakter, layaknya jejaring sosial Twitter yang sedang tren saat ini.
Di Twitter, ketika kita ingin menampilkan suatu tweet, tweet tersebut akan tampil di sebuah halaman yang bernama timeline. Begitu pun dengan Plurk.
Update-an dalam Plurk ini akan ditampilkan di halaman rumah (home page) para pengguna (Plurkers) menggunakan timeline, dimana semua daftar update-an ditampilkan berdasarkan kronologis waktu (sort by time) dan akan ditampilkan di timeline para pengguna lain. Para pengguna juga dapat merespon update-an milik pengguna lain dari timeline mereka. Kini, Plurk pun juga dapat melakukan retweet layaknya di Twitter. Hanya saja di dalam plurk dikenal dengan istilah re-plurk.


Tampilan Profil Plurk Milik Saya

Ditambah, di dalam Plurk kita dapat mengganti Background/Layout sesuai dengan yang kita inginkan. Kita dapat memilih bermacam Layout Themes yang lucu dan unik untuk diterapkan ke dalam profil kita.
Berikut akan saya jelaskan mengenai Plurk. Mulai dari sejarah, konsep, teknologi, dampak, serta keamanan dari Plurk itu sendiri. Langsung aja yuk kita simak! :D
a.    Sejarah
Awal mulanya, Plurk ditemukan oleh sebuah tim yang dinamakan oleh The A-Team dan memiliki anggota sebanyak 20 orang. Anggota The A-Team sendiri berasal dari orang-orang yang berada di berbagai belahan dunia, meskipun berasal dari Taiwan lah yang mayoritas. Plurk dikembangkan sebagai sebuah jaringan komunikasi yang ditampilkan dalam bentuk pertengahan antara blog dengan jejaring sosial. Setelah beberapa bulan perkembangannya, Plurk dirilis dan diluncurkan pada 12 Mei 2008.
Etimologi dari penamaan Plurk pun diterangkan oleh para pengembang, seperti :
1.    Singkatan dari “People” (orang) dan “lurk” (mengintai)
2.    Koper dari “Play” (bermain) dan “Work” (bekerja)
3. Akronim dari Peace (kedamaian), Love (cinta), Unity (gabungan), Respect (menghormati), dan Karma.
4.    Kata baru dari verb, yang mirip sebagaimana Google digunakan sebagai kata kerja.
Meskipun sangat sulit untuk melacak dan mengetahui nama-nama yang berperan di balik penciptaan Plurk, The A-Team lah yang terdaftar sebagai pencipta dan diketahui bahwa CEO nya sendiri adalah Danny Lin. Di Januari 2013, telah diumumkan bahwa perusahaan telah berpusat di Taipei, Taiwan.

b.    Konsep dari Plurk
Konsep yang digunakan dalam jejaring sosial Plurk bukan lain adalah untuk melebarkan zona pergaulan, yaitu dengan cara mengajak pengguna lain untuk menjadi teman atau sebaliknya.
Jika ditelaah dari konsep blog umum, dalam blog umum biasa, pengguna dapat memposting tulisan-tulisan yang mereka buat dalam kalimat-kalimat panjang serta membutuhkan waktu juga untuk membuatnya. Tetapi dengan Plurk, pengguna dapat mengutarakan seluruh pendapat, perasaan dan emosi, serta uneg-uneg mereka secara spontan dengan 210 karakter yang disediakan. Dalam Plurk disediakan beberapa kata yang dapat mewakili kondisi emosi yang sedang dialami, misalnya kata “think”, “says”, “wonders”, “feels”, “loves”, dan sebagainya. Proses pengiriman datanya pun berlangsung sangat cepat sehinga para Plurkers lain yang melihat update-an kita dapat langsung merespon atau me-replurknya.

Konsep unik lain dari Plurk adalah karma. Apa itu karma?
Karma merupakan suatu penilaian unik yang disediakan oleh Plurk untuk setiap aktivitas yang dilakukan oleh para penggunanya. Semakin tinggi karma yang didapatkan, maka semakin banyak juga fasilitas yang ditawarkan, misalnya saja seperti emoticon. Emoticon baru yang lucu-lucu akan diberikan ketika kita dapat mencapai karma sesuai dengan ketentuan yang ada. Adapun cara untuk menaikkan karma adalah rajin membuat update-an, sering mendapatkan respon dari para Plurkers lain serta ajakan terhadap orang lain untuk menjadi Plurkers.


Tampilan Karma

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seseorang aktif dengan Plurk miliknya.

c.    Teknologi yang digunakan Plurk
Dalam pembuatan websitenya, Plurk menggunakan teknologi AJAX. AJAX adalah singkatan dari Asynchronous Javascript and XML. Sebuah AJAX terdiri dari 2 komponen utama, yaitu Javascript dan XML. Perpaduan kedua komponen tersebut dapat meningkatkan kinerja aplikasi web yang lebih responsif terhadap aksi para users. Dengan AJAX, pertukaran data antara klien dan server menjadi lebih ringan karena hanya data nya saja yang ditukarkan, bukan halaman website secara keseluruhan. Hal ini pun dapat membuat aplikasi web dapat berjalan lebih cepat.
Kelebihan utama dari AJAX ini pun adalah kemampuannya untuk membuat permintaan kepada server tanpa harus me-reload halaman web.

d.    Dampak yang ditimbulkan
Seperti halnya jejaring sosial yang lain, jejaring sosial Plurk pun juga memiliki dampak tersendiri. Baik itu positif ataupun negatif. Berdasarkan pengalaman yang saya rasakan selama saya menggunakan Plurk, dirasa lebih banyak dampak positif yang didapatkan ketimbang dampak negatif.
Pertama, dengan menggunakan Plurk, tentu saja akan mudah bagi saya sendiri untuk menambah teman, berbincang dengan teman, serta membagi aktivitas (hanya yang sekiranya ingin dibagi) kepada orang lain berupa foto, quotes, dan lain-lain.
Lalu yang kedua. Adakalanya seseorang merasa bahwa tidak semua rahasia yang ia punya harus diceritakan ke orang lain walaupun itu orang yang paling dekat dengannya. Maka ketika saya merasa seperti itu, Plurk lah yang menjadi pilihan saya. Dengan Plurk, saya dapat mengungkapkan segala isi perasaan saya, mulai dari kesal, sedih, senang, dan sebagainya. Loh? Bukankah menuangkan uneg-uneg ke dalam Plurk itu artinya sama saja dengan saya membeberkan rahasia saya sendiri kepada orang lain?
Lalu, bagaiamana jika uneg-uneg yang saya ungkapkan tidak ingin diketahui orang lain? Kawan-kawan, tenang sajaaaa. Don’t worry. Plurk menyediakan fasilitas private. Fasilitas private adalah fasilitas yang digunakan oleh sebagian Plurkers jika mereka tidak ingin orang lain mengetahui aktivitas yang mereka lakukan. Jadi, aktivitas apapun yang kita lakukan tidak akan diketahui oleh orang lain yang tidak kita inginkan. Itulah mengapa saya senang menjadikan Plurk sebagai teman curhat maya  n_n
Di sisi lain, kita juga dapat menggunakan Plurk sebagai media untuk ber-kepo ria. Kemampuannya dalam menyajikan aktivitas pengguna berdasarkan timeline ini lah yang mendorong seseorang untuk melakukan investigasi lebih dalam terhadap Plurkers lain, termasuk saya :P
Untuk dampak negatif, sampai saat ini belum ditemukan dampak negatif yang benar-benar muncul dari penggunaan Plurk ini. Hanya saja, kadang saya suka merasakan lupa waktu jika sudah berkelut dengan Plurk. Karena tampilan Layout nya yang dapat diganti-ganti, membuat saya untuk terus memilih Layout yang lucu dan unik untuk profil Plurk saya.

e.    Keamanan Plurk
Keamanan dalam Plurk menjadi hal yang utama ketika seseorang ingin ber-uneg-uneg ria. Mengapa? Karena bagi sebagian orang yang ingin curhat tetapi tidak ingin privasinya diketahui sebagian orang lain pula, Plurk memang menjadi pilihan yang tepat. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Plurk dapat di-setting sebagai private. Dengan men-setting private, orang lain pun tidak akan dengan mudah mengetauhi segala aktivitas yang kita lakukan. Karena kita mereka membuka profil kita, akan muncul gambar seperti berikut.


Jika Timeline di-setting Private

Dengan begitu, keamanan Plurk pun dirasa lebih terjamin dengan adanya fasilitas private seperti ini.


Tampilan Setting Private pada Plurk

Untuk sekarang, jika ingin mem-Plurk, kita tidak perlu repot-repot lagi harus membuka PC. Karena Plurk pun dapat dibuka di mobile, kapanpun dan dimanapun, walaupun Layout nya tidak akan muncul seperti ketika kita membuka Plurk melalui PC.

Mungkin hanya itu yang dapat saya uraikan mengenai Plurk kali ini. Untuk segala kekurangannya, mohon dimaafkan. Namanya juga manusia, tidak luput dari yang namanya kesalahan :P
Sampai jumpa di tulisan berikutnya :D

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar