Zalora.co.id
ZALORA adalah destinasi fashion
online terkemuka di Asia. Zalora adalah situs e- commerce fashion yang terbesar dan tercepat di Asia Tenggara.
Didirikan pada awal tahun 2012, Zalora berada di Singapura, Indonesia,
Malaysia, Brunei, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Hong Kong. Menawarkan
koleksi lebih dari 500 merek lokal maupun internasional dan desainer, pelanggan
Zalora dapat berbelanja online dari
ribuan produk fashion pria dan wanita
mulai dari pakaian, sepatu, aksesoris hingga produk kecantikan. Zalora
menawarkan 7 hari gratis pengembalian, pengiriman yang cepat dalam kurun waktu
1 hingga 3 hari kerja, pengiriman gratis* dan beberapa metode pembayaran
termasuk COD (Cash On Delivery).
Zalora.co.id menyediakan beberapa fitur penting
untuk para customers nya. Berikut akan dijelaskan beberapa fitur penting
tersebut :
1. Pembagian Kategori Produk (Katalog
Produk)
Pembagian
produk alias kategori produk merupakan salah satu fitur yang tentunya akan
membantu customers memilih barang
yang mereka inginkan. Pasalnya, fitur ini membagi produk dalam 2 kategori,
yaitu Pria dan Wanita. Dengan adanya fitur pembagian kategori ini, customers dibuat
agar tidak perlu bingung memutuskan barang yang ingin dibeli tersebut
diperuntukkan untuk pria atau wanita. Fitur ini adalah fitur sederhana namun
sangat berguna untuk calon pembeli.
4. 4. Produk Update
Produk Update merupakan fitur yang menampilkan produk-produk yang sedang update dan seasoning (musiman), serta new arrival (baru datang). Misalnya saja, sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, maka produk update yang diluncurkan oleh Zalora tentunya adalah produk-produk yang berbau islami, seperti baju muslim pria dan wanita. Mulai dari baju koko, gamis, kaftan, serta kerudung. Fitur produk update ini pun akan muncul di home pertama kali ketika kita membuka situs Zalora.
5. Diskon/Potongan Harga
Siapa yang tidak suka
dengan kata “diskon”? Tidak dapat
dipungkiri kebanyakan orang berbelanja mulai dari tas, pakaian, sepatu, dan
sebagainya hanya karena mengincar diskon. Mereka rela merogoh kroscek yang tidak
sedikit demi produk yang sedang diskon. Diskon yang seperti ini lah yang
diminati oleh para customers, terlebih lagi customers wanita. Zalora
menyediakan fitur sale%. Fitur ini
menampilkan berbagai koleksi dari Zalora yang potongan harganya dapat mencapai
70% (seperti gambar di bawah ini). Tentu saja dengan adanya fitur ini dapat
menjadi daya tarik tersendiri untuk para penggila belanja.
6. Shopping Cart
Shopping Cart atau tas belanja. Begitulah orang-orang menyebutnya. Jika
seseorang ingin berbelanja di suatu tempat, pasti nya mereka akan membutuhkan
tas belanja untuk menaruh barang belanjaan mereka sebelum dibayarkan ke kasir.
Hal ini lah yang juga diterapkan ketika kita ingin berbelanja di Zalora. Zalora
menyediakan fasilitas tas belanja agar kita tidak perlu repot-repot lagi
mengingat barang apa saja yang sudah kita beli karena fasilitas Shopping Cart
ini mengingatkan kepada kita barang apa saja yang sudah dibeli ketika kita
mengarahkan kursor ke arah icon Shopping Cart.
7. Fitur Outlet Stores
Selain Diskon pada fitur Sales%, Zalora
juga memberikan diskon yang cukup menarik minat custoemers nya melalui fitur
Outlet. ZALORA outlet merupakan bagian terpisah dari situs Zalora yang digunakan untuk
menjual barang-barang yang memiliki diskon besar atau musiman. Zalora outlet
adalah sebuah toko outlet ritel yang menawarkan barang-barang
diskon, terutama jika stok terlalu banyak atau barang dalam ukuran yang kurang
populer atau umum. –Produk-produk dari situs utama Zalora di salurkan ke toko
outlet dimana pengecer dapat menjual barang dagangan mereka secara langsung
kepada masyarakat. Produk-produk baru yang segar membuat customers bisa menikmati
berbelanja koleksi barang murah Zalora dari pakaian, aksesoris dan banyak lagi.
Semua barang dari situs utama Zalora yang memiliki diskon atau lebih dari 30%
dan ditetapkan untuk tingkat diskon ini selama lebih dari 30 hari akan pindah
ke outlet stores secara otomatis.
8. Jejaring Sosial
Jejaring
sosial adalah salah satu fitur penting yang harus ada di dalam situs penjualan
online. Mulai dari Facebook, Twitter, dan sebagainya. Fungsi dari adanya fitur
jejaring sosial ini bukan lain adalah untuk menjaring dan membuat komunitas yang menyukai produk pada
toko online mereka.
9. Metode Pembayaran dan Jasa Pengiriman
Metode
pambayaran yang digunakan oleh Zalora sangatlah banyak. Kita dapat membayar
melalui Mastercard, COD (Cash On Delivery), VISA, BCA, Mandiri dan Bank BRI.
Sedangkan jasa pengiriman yang disediakan salah satunya adalah JNE.
10. Newsletter
Fitur
Newsletter merupakan salah satu fitur penarik minat customers yang disediakan
oleh Zalora. Why? Sebab, dengan
adanya fasilitas Newsletter ini, pembeli baru yang ingin menjadi pelanggan
tetap bisa terus mendapatkan informasi terbaru tentang produk-produk terbaru
dari Zalora melalui e-mail mereka.
11. Security System
Dan fitur terakhir yang akan dibahas adalah Security System. Demi mengutamakan privasi
pelanggan dan pengamanan dari situs Zalora sendiri, Zalora menggunakan
teknologi 128 - bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial
finansial customers. 128-bit SSL
encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun
tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri.
12. Fitur Marketplace
Marketplace adalah tempat dimana masyarakat dapat saling melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Dengan berpartisipasi di Marketplace, kita tidak lagi dibatasi jarak geografis. Di Zalora Marketplace, kita dapat menemukan produk-produk fashion dengan kualitas terbaik yang akan dijual langsung oleh fashion store.
13. Garansi
Lazada.co.id
Lazada merupakan top online retailer di Indonesia yang mempunyai lebih dari 37.000 produk dan lebih dari 16 kategori utama diantaranya: Elektronik, komputer, laptop, tablet, fashion terbaru, peralatan rumah tangga, alat kesehatan dll. dan ribuan kategori lainnya. Dengan fasilitas pre-order, kita akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan. Lazada.co.id selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan berbagai penawaran menarik, jaminan harga terbaik, special diskon, Special Promotions, special deal dan juga memberikan kemudahan transaksi dengan gratis ongkos kirim untuk area tertentu, cash on delivery (COD) dan Lazada menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, transfer antarbank, dan juga lazada menawarkan metode pembayaran yang pastinya mudah dan aman demi kenyamanan Anda berbelanja dengan barang yang memiliki garansi resmi untuk setiap produk.
Marketplace adalah tempat dimana masyarakat dapat saling melakukan transaksi jual beli barang dan jasa. Dengan berpartisipasi di Marketplace, kita tidak lagi dibatasi jarak geografis. Di Zalora Marketplace, kita dapat menemukan produk-produk fashion dengan kualitas terbaik yang akan dijual langsung oleh fashion store.
13. Garansi
Zalora menyediakan garansi pengembalian barang yang
terbilang cukup lama. Yaitu 30 hari. Dengan adanya garansi ini, barang yang
sudah kita beli dapat ditukar secara gratis selama 30 hari setelah barang
diterima.
Lazada.co.id
Lazada merupakan top online retailer di Indonesia yang mempunyai lebih dari 37.000 produk dan lebih dari 16 kategori utama diantaranya: Elektronik, komputer, laptop, tablet, fashion terbaru, peralatan rumah tangga, alat kesehatan dll. dan ribuan kategori lainnya. Dengan fasilitas pre-order, kita akan memiliki kemudahan mendapatkan barang- barang terbaru yang diinginkan. Lazada.co.id selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen dengan berbagai penawaran menarik, jaminan harga terbaik, special diskon, Special Promotions, special deal dan juga memberikan kemudahan transaksi dengan gratis ongkos kirim untuk area tertentu, cash on delivery (COD) dan Lazada menyediakan pembayaran melalui kartu kredit, transfer antarbank, dan juga lazada menawarkan metode pembayaran yang pastinya mudah dan aman demi kenyamanan Anda berbelanja dengan barang yang memiliki garansi resmi untuk setiap produk.
Fitur-Fitur
yang dimiliki Lazada :
1. List Katalog Produk
Lazada menyediakan daftar katalog yang ditempatkan di halaman awal websitenya dan katalog tersebut juga dikelompokkan berdasarkan kategori sehingga membuat para pelanggan yang ingin berbelanja dimudahkan untuk melihat-lihat barang yang ingin dibeli dan dalam beberapa kategori tersebut terdapat pembagian barang lagi yang dikelompokkan berdasarkan kategori lainnya, misalnya : jenis kelamin (Pria/Wanita), produk terbaru, terlaris, dll.
2. Search Product dan Filter
Fitur search/pencarian terdapat di Home site Lazada dan fitur ini membuat para calon konsumen lebih mudah menemukan produk yang mereka inginkan. Dengan fitur search ini pelanggan bisa langsung mencari nama barangyang diinginkan dengan hanya memasukkan nama barang tanpa harus mencarinya di list catalog. Dan filter digunakan untuk memisahkan barang-barang berdasarkan warna, harga, brand yang kita inginkan. DIlakukan dengan menceklis kotak di fitur filter
3. Cara Pembayaran
Konsumen di toko online memang harus dimudahkan dengan cara pembayaran yang ditawarkan. Di Lazada, mereka menawarkan beragam metode pembayaran seperti transfer lewat rekening Bank, membyara Kredit sampai COD (Cash On Delivery). Dan mereka juga memberitahukan jasa pengiriman yang bekerjasama dengan mereka.
4. Fitur Shopping Cart
Fitur shoopping cart pada toko online merupakan hal utama dan harus diperhatikan, fitur shooping cart di toko online memiliki fungsi utama dalam proses terjadinya pembelian produk pada suatu toko online. Lazada menyediakan fasilitas tas belanja agar pelanggan tidak perlu mengingat barang apa saja yang sudah dibeli karena setiap barang yang telah kita beli langsung masuk kedalam Troli dan jika kita ingin melihatnya kita hanya harus menekan button bergambar Troli dan semua barang dan detail informasi seperti Harga status tersedia atau tidaknya akan ditampilkan di dalam tampilan troli tersebut.
5. Privasi dan Checkout Toko Online yang Aman
Lazada menggunakan teknologi enkripsi 128-bit SSL (Secure Sockets Layer) untuk memproses perincian finansial. Enkripsi 128-bit SSL membutuhkan waktu sekurang-kurangnya satu triliun tahun untuk dipecahkan dan merupakan standar dalam industri.
6. Jaringan Sosial
Membuat toko online tidak sekadar sebagai media jual beli, Lazada juga mempunyai beberapa media sosial untuk sarana komunikasi kepada pelanggan mereka dan juga sebagai sarana promosi bagi Lazada. Mereka melampirkan media sosial yang mereka punya agar para pelanggan mem-Follow mereka sehingga Lazada dapat terus menginformasikan hal baru kepada pelanggan. Karena tidak setiap hari pelanggan akan membuka website Lazada, maka dari itu di dalam media sosial mereka memberitahukan kepada para calon konsumen tentang update-an terbaru mereka di Lazada dengan mudah.
Membuat toko online tidak sekadar sebagai media jual beli, Lazada juga mempunyai beberapa media sosial untuk sarana komunikasi kepada pelanggan mereka dan juga sebagai sarana promosi bagi Lazada. Mereka melampirkan media sosial yang mereka punya agar para pelanggan mem-Follow mereka sehingga Lazada dapat terus menginformasikan hal baru kepada pelanggan. Karena tidak setiap hari pelanggan akan membuka website Lazada, maka dari itu di dalam media sosial mereka memberitahukan kepada para calon konsumen tentang update-an terbaru mereka di Lazada dengan mudah.
7. Garansi
Di Lazada setiap produk yang dijual
mempunyai garansi 14 hari. Jadi, jika barang yang dibeli dari lazada terdapat
kerusakan, kecacatan dsb dalam jangka waktu 14 hari barang tersebut dapat
dikembalikan kepada pihak lazada dan dapat ditukar kembali dengan barang yang
baru.
8. Diskon/Special promotion
Di lazada menyediakan
special promotion yang barang-barang dalam kategori tersebut sedang
Sale(diskon) dengan range diskon yang dimulai dari terkecil sampai terbesar
terdiri dari berbagai produk dengan banyak brand dari yang terpopuler dan
terlaris sampai yang kurang populer.
Analisis Perbandingan situs online Zalora dan Lazada
1. Garansi
Pada situs penjualan online Zalora, garansi yang
diberikan kepada customers adalah 30 hari setelah barang dibeli dan diterima.
Sedangkan di situs Lazada, garansi yang diberikan hanyalah 14 hari setelah
barang dibeli.
2. Tampilan Shopping Cart
Menurut kami, tampilan Shopping Cart pada Zalora lebih
simple daripada Lazada. Ketika kita sudah berbelanja dan memasukkan barang yang
dibeli ke troli kemudian kita ingin kembali melihat-lihat produk lainnya, maka
untuk mengingat barang yang sudah dimasukkan ke troli pada situs Zalora, kita
hanya cukup mengarahkan kursor ke icon Shopping Cart, maka akan muncul barang-barang
yang sudah dimasukkan ke troli. Sedangkan di Lazada, kita perlu mengklik icon Shopping
Cart terlebih dahulu. Barulah muncul barang yang ada di troli.
3. Gratis Pengiriman
Gratis pengiriman di Zalora dan Lazada
berlaku untuk seluruh wilayah JABODETABEK (tanpa syarat). Namun, gratis
pengiriman tidak berlaku di luar JABODETABEK. Di Zalora, gratis pengiriman
berlaku jika batas minimal pembelian produk untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera,
dan Kalimantan adalah Rp 200.000 dan untuk WIT-NTB minimal pembelian sebesar Rp
300.000. sedangkan di Lazada, gratis pengiriman berlaku jika batas minimal
pembelian produk untuk Pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan NTB sebesar Rp 90.000
dan beratnya di bawah 6 Kg.
4. Login
Jika ingin membeli barang di situs penjualan online,
otomatis yang harus dilakukan pertama kali sebelum membayar adalah login. Login
di Zalora dapat melalui akun Facebook jadi data-data yang diperlukan langsung
disalin dari data informasi Facebook. Sedangkan di Lazada, kita tidak dapat
login melalui Facebook dan kita diharuskan mengisi data lengkap kita.
5. Newsletter,
MarketPlace, dan OutletStore
Perbedaan lain dari kedua situs penjualan online
(Zalora dan Lazada) adalah Newsletter, MarketPlace, dan Outlet Stores. Dimana
jika di Zalora terdapat ketiga fitur tersebut, tidak jika di Lazada. Lazada
tidak memiliki Newletter, MarketPlace maupun Outlet Stores.
6. Layanan Customer
Pada situs Lazada, saat
kita ingin menanyakan sesuatu maka kita harus memasukan pertanyaan kita namun
tidak langsung terhubung kepada agen lazada melainkan, kita akan diberikan
daftar pertanyaan yang serupa terlebih dahulu dan jika kita tidak puas maka ada
pilihan untuk chat kepada agen namun, saat itu sudah malam dan tidak ada agen
yang tersedia sehingga kita di sarankan meninggalkan pesan. Sedangkan di zalora
diwaktu yang sama, zalora memang mempunyai
fitur Live Chat yang memungkinkan customer untuk bertanya langsung ke
agen di zalora dan saat itu mereka tetap aktif walau sudah bukan jam kerja normal.
7. Perbandingan Traffic Lazada.co.id dan
Zalora.co.id
Menggunakan situs
Alexa.com kami mencoba untuk membandingkan traffic situs Lazada.co.id dan
Zalora.co.id dan diperoleh hasil seperti gambar yang dilampirkan dibawah.
Untuk situs Lazada.co id Global Rank
menunjukan ranking global situs lazada yg berada pada posisi 2118 dan untuk
ranking di Indonesia, Lazada menduduki peringkat 31, Bounce rate).
Untuk situs
Zalora.co.id Global Rank menunjukan ranking global situs lazada yg berada pada
posisi 9716 dan untuk ranking di Indonesia, Lazada menduduki peringkat 139.
Terlihat perbedaan yang cukup jauh antara situs Lazada dan Zalora jika dilihat
dari sudut pandang di Rank global dan indonesia. Bounce Rate(tingkat lambungannya)
jika dilihat juga zalora masih tertinggal oleh Lazada namun Zalora mengalami
peningkatan 5% sedangkan zalora mengalami penurunan 9% dibandingkan dengan 3
bulan yang lalu.
Sedangkan gambar di bawah merupakan gambaran perbandingan peringkat Global
kedua situs. Lazada masih jauh mengungguli Zalora namun jika dilihat dari
peningkatan kepopuleran situs Zalora mengalami peningkatan yang lebih tinggi
dibandingkan dengan lazada.
mbak karima, saya mahasiswa ub yang lagi mengerjakan skripsi. kebetulan objek penelitian saya Lazada Indonesia. apa mbak karima bersedia menjadi salah satu informan saya? jika melihat postingan mbak di blog dan di google+ mbak karima menguasai ttg hal ini. mohon bantuannya.
BalasHapusaku copas....
BalasHapus