1.
Perilaku Navigasi
Apa itu navigasi ?
Bagi kalian yang sering
dan hobi travelling ke luar kota dengan menggunakan kendaraan pribadi, pasti
akan tahu apa arti dari navigasi.
Sebagai contoh, ketika kita ingin berkendara menuju ke
suatu tempat, namun kita tidak mengetahui pasti lokasi nya, maka yang akan kita
butuhkan adalah sebuah penunjuk jalan atau peta yang dinamakan navigasi.
Lalu apa itu navigasi web ? Sama hal nya dengan yang
disebutkan di atas. Navigasi web adalah bagian dari
sebuah situs yang berguna untuk memandu pengunjung menjelajahi isi situs
tersebut. Navigasi
pada sebuah situs ibarat sebuah penunjuk jalan atau peta yang memberikan
pilihan kepada pengunjung bagian mana yang akan mereka kunjungi.
Oleh karena itu, bagi sebuah situs (khususnya situs
penjualan online), konsep navigasi yang digunakan tidak boleh dianggap sepi.
Sebab, menganggap sepi navigasi dari sebuah situs akan membuat pengunjung
bingung, kesal, dan bahkan mungkin “menyesatkan” bagi mereka. Biasanya,
pada sebuah website, navigasi tampil pada menu dan link yang terstruktur.
Posisi tampilan sebuah navigasi ternyata turut menentukan sukses atau tidaknya sebuah navigasi. Pada posisi yang tepat, sebuah navigasi dapat membuat pengunjung lebih mudah menelusuri situs web. Posisi navigasi terdiri atas top navigation (navigasi di atas), right navigation (navigasi di kanan), left navigation (navigasi di kiri), dan free navigation (navigasi bebas).
Dari segi tampilan navigasi, situs Zalora menggunakan tampilan top navigation (navigasi di atas), yaitu navigasi yang cocok diterapkan pada situs-situs portal dengan banyaknya menu atau fasilitas yang ditawarkan. Navigasi ini cukup menghemat tempat dibandingkan dengan navigasi pada bagian lain. Sebab, navigasi ini hanya menggunakan teks tanpa icon atau image.
Untuk perilaku navigasi sendiri pun terbagi menjadi dua tipe navigasi. Tipe navigasi pertama adalah tipe navigasi standar, yaitu tipe navigasi yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Yang kedua adalah tipe navigasi advance. Navigasi jenis ini bertujuan sebagai alat untuk mempermudah pencarian, namun lebih bersifat spesifik.
Di dalam situs Zalora digunakan kedua tipe navigasi tersebut. Dimana tipe navigasi standar digunakan di dalam Home (terletak di bagian tas). Dan navigasi advance digunakan ketika kita sudah memilih melalui kategori (misalnya saja pria dan wanita).
Contoh dari navigasi advance, yaitu melalui kategori, desainer, produsen, range harga,
dan lain-lain. Navigasi Advance yang seperti ini bisa dibilang mirip dengan
fitur search yang ada di situs Zalora. Namun, dengan navigasi advance, kita
lebih diarahkan lagi kepada antar muka yang lebih intuitif. Kita dapat
menelusuri barang yang diinginkan lebih spesifik. Misalnya saja ketika ingin
membeli sebuah sepatu merk Converse. Kita dapat memilih sepatu merk Converse
dengan warna, ukuran, dan harga yang diinginkan hanya dengan memasukkan di
dalam kotak kategori. Hal ini pun akan mengantarkan pada para calon pembeli sampai
kepada apa yang benar-benar mereka cari dan inginkan.
Tampilan Navigasi Advance (Kategori) |
Dalam web ini juga terdapat option untuk
login atau mendaftar. Login akun Zalora pun juga dapat dilakukan melalui
perantara Facebook.
2. Perilaku
Pencarian
Perilaku
pencarian yang dimaksud di sini adalah bagaimana kita dapat menemukan sesuatu
yang dicari di dalam situs yang dimaksud. Di dalam situs Zalora, teredia
sendiri kotak pencarian untuk mencari produk yang diinginkan. Perilaku pencarian
yang terdapat di dalam Zalora pun sangat simple dan mudah.
Para
calon membeli dapat langsung memasukkan keyword/kata kunci produk di kotak
pencarian seperti gambar yang diberi lingkaran warna biru di bawah ini.
Selain
dengan kotak pencarian, kita juga dapat menemukan produk-produk lengkap yang
dijual Zalora melalui bagian Pencarian Populer seperti yang ditunjukkan kotak
warna merah di atas. Dengan begitu, kita akan tahu produk apa saja yang
disediakan oleh Zalora untuk para customer nya.
Selain
itu, pencarian di Zalora pun lebih dimudahkan lagi dengan adanya fasilitas menu
pop-up berdasarkan keyword. Ketika kita ingin mencari suatu produk di kotak
pencarian, misalnya kita ingin mencari Sneakers. Setelah mengetikkan huruf awal
dari Sneakers (kata "sne"), Zalora akan secara otomatis menampilkan produk-produk yang
keyword-nya berkaitan dengan produk yang dimaksud secara pop-up seperti gambar
di bawah ini.
Dapat
disimpulkan, perilaku pencarian yang terdapat di dalam situs Zalora sangat
memuaskan bagi para pengunjung situs yang ingin berbelanja online di salah
situs penjualan terbesar ini.
3. Dampak Perilaku Sosial
Tidak dapat dipungkiri bahwa zaman sekarang
teknologi canggih dapat membawa berbagai pengaruh terhadap para penggunanya,
terutama teknologi internet, baik berupa dampak posiitf maupun negative.
Sebagai salah satu web penjualan online yang
terkenal, situs Zalora pun memiliki dampak tersendiri bagi kehadirannya di
tengah-tengah masyarakat zaman sekarang.
Dampak positif :
1. Proses pembelian barang dapat dilakukan
dengan cepat dan mudah
Membeli barang secara online memang memiiki
keuntungan tersendiri dibanding belanja di tempatnya secara langsung. Dengan membeli
produk secara online, proses pembelian akan dilakukan secara mudah dan singkat.
Kita hanya perlu mencari produk yang diinginkan, memasukkan ke tas belanja, dan
terakhir melakukan pembayaran via COD maupun transfer melalui ATM.
2. Dapat dengan mudah memperoleh informasi
mengenai produk-produk yang sedang update/trend
Keuntungan lain berbelanja di Zalora adalah
kita dapat mengetahui secara pasti produk-produk yang sedang up-to-date
disebabkan Zalora akan mengirimi kita informasi tentang produk-produk terbaru
mereka hanya dengan melalui e-mail. Hal tersebut tentunya akan mempermudah para
customer yang tidak mempunyai waktu untuk menjelajah situ tersebut. Mereka hanya
cukup membuka inbox di e-mail, dan mereka pun akan tahu produk apa saja yang
sedang trend.
3.Mempermudah komunikasi antara penjual dan
pembeli tanpa memerhatikan batasan antara jarak dan waktu
Membeli secara online tentunya akan berdampak langsung
dari segi jarak dan waktu. Sebab, kita dapat berbelanja kapan pun dan dimana
pun kita mau asal kan terdapat media internet yang menghubungkan. Tentunya ini
akan sangat bermanfaat bagi mereka (para customer) yang terlau sibuk hinggs tidak
mempunyai waktu untuk berbelanja langsung ke tempatnya. Mereka hanya tinggal
duduk depan laptop/gadget mereka, pembelian produk pun dapat terjadi dengan
proses yang singkat.
Dampak Negatif :
Selain berbagai keuntungan yang disediakan,
adakalanya suatu situs penjualan online juga memiliki dampak negative. Dampak negative
tersebut dapat berupa :
1. Terikatnya interaksi dalam dunia maya yang
dapat mengubah pola interaksi seseorang
Interaksi dengan orang lain merupakan hal
yang penting dalam sebuah komunikasi. Namun, berbelanja online seperti ini
dapat mengubah pola interaksi seseorang. Mereka yang tadinya biasa berbelanja
di toko langsung dengan berinteraksi dengan para pelayan, dapat berubah menjadi
pribadi yang dapat dikatakan tertutup jika sudah terbiasa belanja online. Hal ini
juga menyebaban berkurangnya sifat sosial manusia karena
cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
2. Dapat menimbulkan budaya konsumtif
Dengan berbagai kemudahan yang disediakan
dalam beerbelanja online, dapat menimbulkan budaya konsumtif bagi para
pelanggan. Mereka yang sudah terbiasa belanja online akan berpikir dan
menganggap bahwa berbelanja online jauh lebih menghemat biaya, maka dari
situlah mereka akan terus dan terus membeli barang secara online.
3. Kekurangpuasan pelanggan jika barang yang
didapat tidak sesuai dengan gambar
Hal ini merupakan sebuah dampak negative yang
dirasa akan membuat seoarang pelanggan menjadi tidak betah untuk berbelanja di
situs tersebut. Ketika barang yang dibeli sudah sampai di tempat tujuan,
ternyata barang tersebut jauh dari ekspektasi mereka -misalnya saja seperti
ukuran sepatu yang kebesaran atau kecacatan bahan dan warna pakaian- Maka mereka
pun akan merasa tidak puas bahkan kapok untuk berbelanja online.
4. Dampak
Perilaku Ekonomi (dari sisi pengguna/pengelola)
Belanja online juga dapat menimbulkan dampak
ekonomi tersendiri, baik dari sisi pengguna maupun pengelola.
Dari sisi pengguna (pembeli), tentunya akan
sangat berpengaruh terhadap biaya. Sebab, biaya yang keluar akan seminimal
mungkin. Customers yang berbelanja online tidak akan merogoh kroscek yang lebih
besar. Misalnya saja dari segi transportasi. Tentunya seseorang akan
mengeluarkan biaya lebih jika ia ingin berbelanja langsung di toko langsung
karena mereka harus mengeluarkan lagi biaya untuk sampai di tempat tujuan yang
dinamakan biaya transportasi. Tetapi tidak jika berbelanja online. Mereka justru
dapat menghemat pengeluaran biaya trasnportasi.
Di sisi lain, yaitu sisi pengelola (penjual). Dari sisi pengelola, seseorang
akan lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan
jasa via online. Misalnya saja fitur Outlet Stores yang terdapat di Zalora,
dimana produk-produk dari
situs utama Zalora di salurkan ke toko outlet dan pengecer perorangan dapat
menjual barang dagangan mereka secara langsung kepada masyarakat. Keuntungan lainnya adalah dengan fasilitas pemasangan iklan di internet
pada situs-situs tertentu, mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran produk-produk
dari Zalora
Sumber :
Situs Resmi Zalora
Layout dan Metode Navigasi Web
Web dan Perilaku Pengguna
Sumber :
Situs Resmi Zalora
Layout dan Metode Navigasi Web
Web dan Perilaku Pengguna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar