Song Playlist

Minggu, 29 Maret 2015

Pencahayaan dan Bayangan Objek dalam Blender

Nama :
Alberto Juan Pablo (58412279)
Karima Tiara Suny (54412024)
Muhammad Andrey Mahdison (54412876)
Muhammad Gigih Wicaksono (54412960)
Yoga Ginanjar (57412821)

Kelas :
3IA01




Objek                                     : TV LCD, Meja, dan Plane
Pencahayaan                      : 2 buah Area Lamp (B & C) & 1 Point Lamp (A)
Keterangan Gambar          :




Keterangan pencahayaan :
Suatu objek TV dan meja disorot menggunakan 3 buah pencahayaan, ketiga cahaya ini memiliki energi yang berbeda dan jarak yang berbeda pula. Cahaya yang memiliki energi besar akan menghasilkan bayangan / shadow yang lebih pekat / lebih gelap. Sedangkan pengaruh jarak adalah pada jangkauan bayangannya.
            Lamp B dan C menggunakan Area Lamp, keduanya merupakan satu jenis lampu. Area Lamp berfungsi untuk mensimulasikan cahaya yang berasal dari permukaan, misalnya layar TV. Area Lamp menghasilkan bayangan dengan perbatasan lembut dengan sampel lampu sepanjang grid ukuran yang didefinisikan oleh pengguna. Artinya, jika Area Lamp diperbesar skalanya, maka hal itu seperti memperbesar besaran lampunya.
Meskipun Lamp B dan Lamp C menggunakan jenis Lamp yang sama, namun keduanya memiliki energi yang berbeda. Pada Cahaya C, energi yang digunakan adalah sebesar 0,5 sedangkan pada cahaya B memiliki energi 0,3, sehingga bayangan dari cahaya C lebih gelap daripada bayangan cahaya B. Sedangkan pertemuan dari dua buah bayangan tersebut menghasilkan bayangan yang lebih pekat / gelap.
            Lain halnya dengan Lamp A. Lamp A menggunakan Point Lamp, atau disebut juga omni, yaitu merupakan tipe pencahayaan yang menyebar dari satu titik ke segala arah. Seperti sebuah bola lampu dalam sebuah ruangan. Point Lamp pada gambar di atas digunakan untuk membuat belakang objek tidak terlihat gelap. Adanya Point Lamp ini membuat belakang objek masih bisa terlihat walau dengan intensitas cahaya yang rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar